USING PEER ASSISTED LEARNING STRATEGY ON READING COMPREHENSION OF ANALYTICAL EXPOSITION

Darmawan Budiyanto, Darmawan Budiyanto (2022) USING PEER ASSISTED LEARNING STRATEGY ON READING COMPREHENSION OF ANALYTICAL EXPOSITION. USING PEER ASSISTED LEARNING STRATEGY ON READING COMPREHENSION OF ANALYTICAL EXPOSITION.

[img]
Preview
Text
DARMAWAN BINA EDUKASI 2019 ok.pdf

Download (683kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca eksposisi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbantuan rekan (PALS) dan mereka yang tidak, dan untuk mengetahui apakah efektif atau tidak menggunakan strategi belajar untuk meningkatkan pemahaman membaca analitis eksposisi. Studi ini menggunakan metode kuasi eksperimental. 78 siswa sebagai sampel, dari 39 siswa XI IPS 3 kelompok eksperimental dan XI IPS 4 kelompok kontrol. Tes digunakan dalam pemahaman membaca sebagai Pretest dan posttest dalam mengumpulkan data. Untuk memverifikasi hipotesis, hasil dari sampel t-Test independen menemukan t-diperoleh (11,077) lebih tinggi dari t�Table (1,9917) dengan derajat kebebasan (DF = 76), dan signifikansi 2 tail adalah 0,000. Hasil data menunjukkan bahwa hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman bacaan yang diajarkan dengan menggunakan PALS dan mereka yang tidak, dan juga efektif menggunakan PALS.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:39
Last Modified: 17 Jun 2022 01:39
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item