TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN AKADEMIK AMIK SIGMA PALEMBANG MENGGUNAKAN COBIT (CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN AKADEMIK AMIK SIGMA PALEMBANG MENGGUNAKAN COBIT (CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY). TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN AKADEMIK AMIK SIGMA PALEMBANG MENGGUNAKAN COBIT (CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY).

[img] Text
16 76-80 Nurhayani (CIO edited by Nyimas).doc

Download (239kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Implementasi teknologi informasi (TI) dirasakan berperan penting untuk mencapai tujuan organisasi. Penerapan teknologi informasi sangat membantu organisasi dalam meningkatkan pelayanannya kepada stakeholder terkait . Organisasi semakin tergantung terhadap teknologi informasi agar tetap dapat eksis, tak terkecuali di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Sigma Palembang yang merupakan sebuah Institusi Pendidikan Perguruan Tinggi yang menjadikan TI sebagai penunjang usahanya. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan suatu pengelolaan TI yang ada secara terstruktur. Tata kelola TI atau IT (Information Technology) Governance merupakan struktur hubungan dan proses untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi untuk mencapai tujuannya dengan menambahkan nilai ketika menyeimbangkan risiko dibandingkan dengan TI dan prosesnya. Rekomendasi IT Governance ini dibuat guna meningkatkan kinerja TI layanan akademki di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Sigma Palembang, dimana aktivitas layanan akademik tersebut menjadi tanggung jawab kerja suatu biro yang bernama BAAK (Biro Administrasi Akademik) dan pengembangan sistem TI yang ada di di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Sigma Palembang menjadi tanggung jawab. Perancangan IT Governance dalam tulisan ini menggunakan kerangkakerja COBIT (Control Objective For Information and Related Technology) versi 4.1, dimana COBITmempunyai tujuan untuk mengendalikan TI terkait dan merupakan suatu standar yang telah diakui cukup baikpada tingkat internasional. COBIT terdiri dari 34 proses TI ( control process ) yang dikelompokkan dalam 4domain pengelolaan. Dalam tulisan ini hanya dibahas 2 domain dari 4 domain yang ada di COBIT denganpembahasan dibatasi pada tingkat control process saja, tidak membahas aktivitas-aktivitas yang terdapat disetiap control process.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 15:58
Last Modified: 16 Jun 2022 15:58
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11724

Actions (login required)

View Item View Item