PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP REALISASI PENERIMAAN PAJAK DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PALEMBANG

Henni Indriani, Henni Indriani and Rolia Wahasusmiah, Faculty of Economic Binadarma University and Andrian Noviardy, Andrian Noviardy (2022) PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP REALISASI PENERIMAAN PAJAK DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PALEMBANG. PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP REALISASI PENERIMAAN PAJAK DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover_Full Paper_Sertifikat.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan diserahkan secara penuh kepada daerah untuk meningkatkan penerimaan daerah sehingga dapat menunjang pembiayaan untuk keperluan belanja rutin dan belanja pembangunan serta mensejahterakan penduduk daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis realisasi penerimaan PBB Perdesaan dan Perkotaan dengan targetnya, dan kontribusi penerimaan PBB perdesaan dan Perkotaan terhadap realisasi penerimaan Pajak Daerah pada Dinas Pendapatan daerah kota Palembang pada tahun 2012 sampai tahun 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data data yang diperlukan yang berhubungan dengan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan yang berpengaruh terhadap pendapatan daerah. Hasil analisis Efektivitas pencapaian target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan pada dinas Pendapatan Daerah kota Palembang Keefektifitasnya dari tahun 2012 sampai tahun 2015 meningkat meskipun belum mencapai target . Pada tahun 2012 sebesar 91,11% dengan kriteria efektif, tahun 2013 sebesar 95,35% dengan kriteria efektif, tahun 2014 sebesar 82,22% dengan kriteria cukup efektif, dan tahun 2015 dengan kriteria Sangat Efektif. Kontribusi realisasi penerimaan PBB perdesaan dan Perkotaan terhadap seluruh penerimaan pajak daerah pada Dinas Pendapatan kota Palembang menunjukkan kriteria sedang, karena dari tahun 2012 sampai tahun 2015 menurun bahkan tidak mencapai 30%. Saran bagi Dinas Pendapatan Daerah untuk meningkatkan pelayanan dan penyuluhan kepada wajib pajak PBB Perdesaan dan Perkotaan sehingga akan berpengaruh banyaknya wajib pajak yang akan mematuhi kewajibannya untuk membayar pajak.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 15:57
Last Modified: 16 Jun 2022 15:57
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item