Implementasi Sistem Informasi Prediksi Hasil Penjualan Perangkat Komputer Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing

Nurul Huda, nurul huda (2022) Implementasi Sistem Informasi Prediksi Hasil Penjualan Perangkat Komputer Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing. Implementasi Sistem Informasi Prediksi Hasil Penjualan Perangkat Komputer Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing.

[img]
Preview
Text
jurnal MIB Publis.pdf

Download (835kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Prediksi merupakan suatu kegiatan untuk meramalkan suatu keadaan yang akan terjadi di masa mendatang dengan melalui pengujian di masa lalu. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi penjualan dimasa depan yaitu dengan melakukan peramalan penjualan. Peramalan penjualan ini menggunakan metode Double Exponential Smoothing karena metode ini melakukan peramalan dengan cara mengadakan penghalusan atau pemulusan terhadap data masa lalu yaitu dengan mengambil rata-rata dari nilai beberapa tahun untuk menaksir nilai pada tahun yang akan datang dan metode ini menggunakan metode time serie. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi prediksi penjualan yang tepat, guna menentukan persediaan barang yang ada sesuai dengan permintaan (demand) agar tidak terjadi overstock atau kekurangan persediaan dimasa yang akan datang.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 15:55
Last Modified: 16 Jun 2022 15:55
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item View Item