IMPLEMENTASI APLIKASI KEHADIRAN PERKULIAHAN DIKELAS MENGGUNAKAN PEMBACA RFID PADA E-KTP

Muhamad Akbar, Muhamad Akbar and Irman Effendy, irman (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI KEHADIRAN PERKULIAHAN DIKELAS MENGGUNAKAN PEMBACA RFID PADA E-KTP. IMPLEMENTASI APLIKASI KEHADIRAN PERKULIAHAN DIKELAS MENGGUNAKAN PEMBACA RFID PADA E-KTP.

[img]
Preview
Text
Cover, Susunan Penyunting dan artikel yang diunting MATRIK A4 Vol 19, No 2 , Agustus 2017.pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu proses identifikasi dan perekaman untuk memantau proses belajar mengajar di kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu alat pembaca kartu e-KTP dengan aplikasi absensi siswa di kelas. Masalah dalam proses hadir adalah waktu dalam mencatat kehadiran mahasiswa dapat mengganggu proses perkuliahan. Ini karena mahasiswa yang hadir kurang tepat waktu pada saat perkuliahan dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat membaca chip dalam e-KTP, kemudian dijadikan data sebagai penghitungan kelas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode perancangan dengan metode perancangan iteratif. Dalam proses ini juga dicari spesifikasi chip yang terkoneksi di kartu e-KTP agar lebih mudah menemukan jenis card reader yang terhubung dengan aplikasi. Hasil penelitian dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam proses pencatatan kehadiran di ruang kelas, dan pihak universitas dapat memonitor kehadiran mahasiswa dan dosen secara efektif dan efisien. Aplikasi kehadiran ini juga diharapkan bisa diadopsi untuk diaplikasikan ke bidang lain yang relevan dalam pemanfaatan e-KTP.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 15:53
Last Modified: 16 Jun 2022 15:53
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item