UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PERUBAHAN MAKNA KATA BAHASA INDONESIA DI MEDIA SOSIAL. PERUBAHAN MAKNA KATA BAHASA INDONESIA DI MEDIA SOSIAL.
|
Text
6-Article Text-66-1-10-20210426.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kata bahasa Indonesia yang mengalami perubahan makna dalam pemakaiannya di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif. Data dalam penelitian ini adalah kata bahasa Indonesia yang terdapat di media sosial dan mengalami perubahan makna. Data dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Peneliti menyimak penggunaan kata-kata di media sosial seperti instagram dan facebook, kemudian mencatat kata-kata yang dianggap mengalami perubahan makna dan dianalisis. Dari hasil penelitian, ditemukan 34 kata bahasa Indonesia yang mengalami perubahan makna. Perubahan makna yang ditemukan, yaitu 16 makna kata yang meluas (generalisasi), 6 makna kata yang menyempit (spesialisasi), 2 makna kata yang mengalami penghalusan (eufimia), 3 kata yang mengalami pengasaran (disfemia), dan 7 kata yang mengalami perubahan total. Perubahan makna kata bahasa Indonesia di media sosial terjadi karena beberapa faktor, yaitu adanya asosiasi, faktor sosial , faktor psikologis, perkembangan IPTEK, dan bidang pemakaian. Perubahan makna sebuah kata bahasa Indonesia dapat disebabkan oleh banyak faktor.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:44 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11435 |
Actions (login required)
View Item |