METODE PELATIHAN DAN PEMBINAAN BAGI MAHASISWA PENGUSAHA SEBAGAI UPAYA PENERAPAN IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN (tahun ke 2)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) METODE PELATIHAN DAN PEMBINAAN BAGI MAHASISWA PENGUSAHA SEBAGAI UPAYA PENERAPAN IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN (tahun ke 2). METODE PELATIHAN DAN PEMBINAAN BAGI MAHASISWA PENGUSAHA SEBAGAI UPAYA PENERAPAN IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN (tahun ke 2).

[img]
Preview
Text
UNTUK ADIT.pdf

Download (579kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Universitas Bina Darma memiliki perhatian khusus bagi para mahasiswanya yang ingin berwirausaha, dengan meningkatkan jiwa entrepreneur dalam diri civitas akademik Universitas Bina Darma (UBD). Program ipteks bagi kewirausahaan (IbK) tahun ke dua ini diharapkan mahasiswa yang berminat untuk melakukan wirausaha dapat ditindaklanjuti dengan melakukan pembinaan dan pendampingan melalui proses inkubasi usaha khususnya penerapan teknologi bagi mahasiswa anggota BDEC, mahasiswa yang sudah memiliki usaha mikro atau mahasiswa yang baru berwirausaha. Selain itu, melalui program ini juga akan tercipta networking antara mahasiswa. Metode dalam memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan oleh mahasiswa saat ini yang paling banyak dilakukan adalah promosi melalui media sosial, media masa, dan media elektronik lainnya. Namun metode tersebut dirasakan masih kurang efisien karena beberapa ada yang harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, sedangkan para pelaku usaha khususnya mahsiswa tentunya akan berfikir dua kali jika terlalu banyak beban biaya. Salah satu bentuk cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model E-commerce. E-commerce adalah suatu kegiatan dimana membeli dan menjual produk atau barang secara elektronik oleh konsumen ke pengguna dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. Dengan memiliki toko online sendiri, maka para pelaku usaha disini dapat dengan bebas memperkenalkan produk�produk yang akan dijual ke masyarakat umum. Apalagi ditunjang dengan pembuatan website yang banyak gratisan saat ini. Kegiatan yang dilakukan untuk menunjang pelatihan e-commerce ini antara lain pelatihan dasar kewirausahaan, pelatihan manajemen usaha, pelatihan pembukuan keuangan, magang pada industri mitra, serta pembimbingan dan pengawasan terhadap tenant. Peserta kegiatan ini adalah Mahasiswa PKM-K sebanyak 5 Orang, Mahasiswa yang sudah memiliki usaha sebanyak 5 Orang, Mahasiswa yang merintis usaha baru sejumlah 5 Orang ,Alumni sebanyak 5 Orang, serta melibatkan 5 mitra UMKM. Tim Tahun pertama IbK terdiri dari 3 orang dosen kewirausahaan Universitas Bina Darma dan 5 mitra UMKM. Hasil pembahasan dan analisis pelaksanaan Program IbK, maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1)melalui program IbK didapatkan 15 wirausaha baru (WUB) berbasis ipteks, (2)wirausaha baru telah meningkatkan keterampilan manajemen usaha terlihat dari berkembangnya usaha setelah dilakukan pelatihan, (3)program coaching, mentoring, inkubasi, diklat, workshop e-commerce, manajemen usaha, laporan keuangan, dan K3 dapat dinyatakan sebagai metode yang cocok bagi mahasiswa dalam merintis dan mengembangkan usaha sehingga menghasilkan tenant memiliki inovasi dan keunggulan dalam bidang ipteks.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:43
Last Modified: 16 Jun 2022 01:43
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item