ANALISIS PERILAKU PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS PERILAKU PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2). ANALISIS PERILAKU PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2).

[img]
Preview
Text
sania.pdf

Download (472kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pada penelitian digunakan pemodelan UTAUT 2 untuk menganalisis perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi PLN Mobile, dengan menggunakan variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, Social Influence dan Habit. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuisoner menggunakan Google form yang dibagikan melalui link kepada 100 responden dan berisi 24 pertanyaan yang berhubungan dengan variabel yang ada pada UTAUT 2. Penelitian ini menggunakan pemodelan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) atau yang biasa disebut dengan PLS-SEM menggunakan software smart-PLS versi 3.2.9 untuk menganalisis data dengan dua model evaluasi yaitu outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi PLN Mobile oleh Performance Expectancy, Social Influence, Facilitation Condition, Habit yang berpengaruh terhadap Behavioral Invention, dan Facilitation Condition, Habit dan Behavioral Invention yang berpengaruh terhadap Use Behavioral. Dan untuk pengujian efek moderator di dapatkan bahwa Age berpengaruh terhadap hubungan Behavioral Invention dan Habit terhadap Use Behavioral, dan Gender berpengaruh terhadap hubungan Social Influence terhadap Behavioral Invention, dan juga Experience yang memiliki pengaruh hubungan Habit terhadap Use Behavioral.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:41
Last Modified: 16 Jun 2022 01:41
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item