PREDIKSI JUMLAH SISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS : SMK ETHIKA PALEMBANG)

Afriyudi, Afriyudi (2022) PREDIKSI JUMLAH SISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS : SMK ETHIKA PALEMBANG). PREDIKSI JUMLAH SISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS : SMK ETHIKA PALEMBANG).

[img]
Preview
Text
Jurnal LILI_merged.pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Prediksi digunakan untuk menilai prakiraan keadaan dimasa yang akan datang di SMK Ethika Palembang Sering mengalami kekeliruan untuk menentukan jumlah siswa baru apakah berkurang atau lebih pada tahun sebelumnya dan sering mengalami kekurangan alat dan bahan sekolah seperti meja, kursi dan lain-lain. Data diolah dengan metode single exponential smoothing dengan nilai alpha 0.1 sampai dengan 0.9 kemudian melakukan perbandingan dengan nilai alpha sampai ditemukan alpha yang memiliki error paling minimum dan untuk mencari nilai error digunakan metode MSE (mean square error). Hasil perhitungan kesalahan/error dengan menggunakan metode MSE (mean square error) dari metode yang telah di analisis serta hasil prediksi jumlah siswa baru untuk tahun ajaran 2019 sampai dengan 2020 selama periode prediksi dari data 2014 sampai dengan data 2019 mean square error (MSE) terkecil diperoleh dengan alpha 0.9 yaitu 3496,43. Halini menunjukkan bahwa forecast terbaik untuk meramalkan jumlah siswa baru SMK Ethika palembang adalah menggunakan 0,9. Jadi, nilai prediksi jumlah siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020 dengan prediksi selama dari data 2014 sampai dengan alpha = 0.9 adalah sebesar 54,23 atau sekitar 54 siswa.”

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:44
Last Modified: 16 Jun 2022 01:44
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item