ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI PRIMARY CARE BPJS PADA PUSKESMAS DI KOTA PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI PRIMARY CARE BPJS PADA PUSKESMAS DI KOTA PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI PRIMARY CARE BPJS PADA PUSKESMAS DI KOTA PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL.

[img]
Preview
Text
prosiding saintek suzi.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

BPJS Kesehatan sebagai lembaga dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional (JKN) mengembangkan sistem informasi Primary Care (P-Care) BPJS Kesehatan yang merupakan sistem informasi pelayanan pasien peserta BPJS Kesehatan yang diakses secara online dan saling terintegrasi, sehingga dapat mempermudah User mengakses data ke server BPJS, baik itu pendaftaran, , penegakan diagnose, terapi hingga pelayanan laboratorium. Sistem informasi Primary Care telah digunakan sejak tahun 2014 dan terus dikembangkan hingga sekarang secara fungsi dan kegunaannya. Saat ini banyak klinik dan puskesmas sudah menerapkan standar operasional prosedur sesuai dengan pelayanan Primary Care BPJS Kesehatan. Sistem informasi Primary Care ini belum dapat digunakan secara umum, yang artinya hanya dapat digunakan oleh fasilitas kesehatan yang telah secara resmi terdaftar ke BPJS Kesehatan dan telah diberikan akses User dan password untuk mengaksesnya. Tujuannya yaitu untuk mengetahui penerimaan pada sistem informasi menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) yang terdiri dari persepsi kemudahan pengguna (Perceived Ease of Use) dan persepsi manfaat (Perceived Usefulness). Hasil penelitian ini yaitu tingkat penerimaan sistem informasi Primary Care terhadap User di puskesmas kota Palembang.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 00:01
Last Modified: 16 Jun 2022 00:01
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item