UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA MELALUI METODE APTITUDE TREATMENT INTERACTION

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA MELALUI METODE APTITUDE TREATMENT INTERACTION. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA MELALUI METODE APTITUDE TREATMENT INTERACTION.

[img]
Preview
Text
05_105-120_Tiara_Damar_Wulan_dan_Margareta_desembe-1.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa kurang kreatif dalam menuangkan ide dalam menuis teks berita, terdapat satu permasalahan, yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran ATI terhadap kemampuan menulis teks berita. Metode penelitian ini menggunakan PTK. Populasi yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 50 Palembang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada tes awal (TO) perolehan nilai rata-rata siswa hanya mencapai 58,6 atau hanya 9 orang yang tuntas, sedangkan pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata sebesar 75,94. Selanjutnya perolehan nilai siswa pada siklus 2 cukup baik, yaitu lebih dari 85% siswa mendapat nilai ≥ 8,0 dan perolehan rata-rata mencapai 81,78 yaitu meningkat sebesar 97,2% ketuntasan klasikal. Sementara itu, secara individual nilai siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Meskipun pada akhir evaluasi masih ada satu orang siswa yang mendapat nilai < 7,0.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:37
Last Modified: 16 Jun 2022 01:37
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item