PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 BANYUASIN III

Ayu Puspitas Indah Sari, Ayu (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 BANYUASIN III. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 BANYUASIN III.

[img] Text
04 89-98 Arhaniyati n Ayu_Desember 2015_disunting hastari (ke ketua penyunting) 18mei2017.docx

Download (42kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

: Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 8 Banyuasin III, terdiri dari 19 orang siswa. Berdasarkan kegiatan observasi ditemukan bahwa keterampilan berbicara siswa kurang. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode sosiodrama. Data yang diambil berupa data tes dan data yang menggambarkan segala aktivitas siswa. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan kriteria penilaian yang diamati adalah ketepatan, kelancaran, intonasi, ekspresi, dan tema.Perolehan nilai rata-rata dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II adalah nilai 47.8, 55.15, dan 76, sedangkan untuk persentase ketuntasan belajar adalah 5,26%, 36,8%, dan 89,5%. Sementara untuk hasil keaktifan belajar siswa dideskripsikan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan lebih berani mengemukakan pendapat dan ide, meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan juga menarik perhatian siswa. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena keterampilan berbicara siswa meningkat dan juga adanya perubahan tingkah laku siswa menjadi lebih aktif selama mengikuti pelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:29
Last Modified: 16 Jun 2022 01:29
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item