PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT KOMPUTER IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT KOMPUTER IAIN RADEN FATAH PALEMBANG. PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT KOMPUTER IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
04 17-20 etty martiani (CIO edited by Nyimas).doc

Download (83kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan utama bahkan tulang punggung bagi penyelengaraan pendidikan di perguruan tinggi. Pemanfaatan TIK merupakan salah satu aspek yang menjadi penentu dalam kompetisi. Keberhasilan suatu perguruan tinggi dalam membangun dan mengembangkan TIK tergantung kepada ketepatan perencanaan strategis oleh manajemen, metode yang digunakan dalam pembangunan dan pengembangan, pemeliharaan, dilaksanakan dengan konsekuen dan dievaluasi secara periodik. Kondisi TIK IAIN Raden Fatah saat ini belum sepenuhnya terintegrasi, mayoritas aplikasi dan infrastruktur TIK dibangun sendiri sesuai dengan kebutuhan lokal baik fakultas maupun unit-unit pendukung. Sementara pada pada sisi lain justru masih terdapat aspek – aspek pelayanan publik yang belum berbasis TIK hal ini yang menyebabkan kinerja belum optimal. Tahapan yang dilakukan untuk pembuatan perencanaan strategis aplikasi yaitu tahap pendahuluan , tahap pengumpulan data dan informasi, tahap analisis konteks bisnis, tahap analisis konteks TI yang ada, tahap penyusunan portfolio aplikasi, tahap penyusunan organisasi TI dan perencanaan keuangan. Untuk memahami situasi terkini, analisis eksternal dilakukan untuk mengetahui peluang dan ancaman. Metode analisis (tool) yang digunakan untuk analisis eksternal adalah PEST dan analisis 5-forces potter. Analisis internal menggunakan matriks SWOT dan TOWS. Analisis Mc-Farlan untuk meninjau kondisi eksisting dari aplikasi saat ini diikuti dengan perencanaan strategis yang ditargetkan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:27
Last Modified: 16 Jun 2022 01:27
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item