EFEKTIVITAS DAN PERFOMANCEWEBSITE DINAS PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PALEMBANG SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK

Merry, Agustina EFEKTIVITAS DAN PERFOMANCEWEBSITE DINAS PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PALEMBANG SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK. EFEKTIVITAS DAN PERFOMANCEWEBSITE DINAS PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PALEMBANG SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK.

[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH TERPADU UBD Agustus 2014 by Merry Agustina.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

k–Penggunaan teknologi informasi banyak diterapkan oleh lembaga pemerintah, maupun swasta. Berkaitan dengan pelayanan masyarakat, dalam menyongsong era globalisasi, pemerintah harus mempersiapkan seluruh aparatnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sopan santun dalam melayani masyarakat. Salah satu lembaga pemerintah yang menggunakan teknologi informasi dalam bentuk website yaitu Pemerintah Kota Palembang. Penggunaan website sebagai media komunikasi dalam memberikan pelayanan pubilk kepada masyarakat luas khususnya dikota Palembang tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dengan alamat www.palembang.go.id, tetapi diikuti oleh semua dinas yang memiliki visi, misi, tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung visi dan misi Kota Palembang. Kondisi yang ada saat ini kantor dinas yang ada dibawah Pemerintahan Kota Palembang yang berjumlah 17 dinas sudah 15 dinas yang memiliki website namun baru 13 website yang melakukan pelayanan publik. Jumlah responden penelitian ini adalah 305 responden.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perfomance website dinas pemerintahan dilingkungan Kota Palembang dari ukuran efektivitas sebuah website berdasarkan kriteria sebuah website yang baik yaitu akses, interaksi, komposisi dan content(isi pesan) dan efektivitas pemanfaatan website sebagai media pelayanan publik pada dinas pemerintahan dilingkungan Kota Palembang berdasarkan delapan unsur pelayanan yaitu kesederhanaan, kejelasan, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan dan ketepatan waktu. Selanjutnya hasil pengolahan data menunjukan bahwa secara keseluruhan perfomance website berada pada kondisi sudah cukup baik, dibuktikan dengan persentase dari keempat kriteria yang ada. Sedangkan untuk keefektivitasan website sebagai media pelayanan publik belum begitu efektif karena masih terdapat tiga unsur yang masih kurang baik yaitu efisien 43%, ekonomis 46.2% dan ketepatan waktu pelayanan 32.1%.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:56
Last Modified: 15 Jun 2022 03:56
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item