KONVERGENSI MEDIA TRIBUN LAMPUNG DALAM PERSAINGAN GLOBAL MEDIA CETAK DI PROVINSI LAMPUNG Hadi Prayogo1, Isna Wijayani2 Ratu Mutialela3

Isnawijayani, Isnawijayani, Ph.D (2022) KONVERGENSI MEDIA TRIBUN LAMPUNG DALAM PERSAINGAN GLOBAL MEDIA CETAK DI PROVINSI LAMPUNG Hadi Prayogo1, Isna Wijayani2 Ratu Mutialela3. KONVERGENSI MEDIA TRIBUN LAMPUNG DALAM PERSAINGAN GLOBAL MEDIA CETAK DI PROVINSI LAMPUNG Hadi Prayogo1, Isna Wijayani2 Ratu Mutialela3.

[img]
Preview
Text
Jurnal Hadi.pdf

Download (713kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Efektivitas proses bisnis (business process) untuk mendukung program konvergensi media pada harian Tribun Lampung agar eksis di era globalisasi di Provinsi Lampung 2) Ketrampilan Sumber Daya Manusia (SDM) Tribun Lampung dan solusinya serta tingkat ketersediaan infrastruktur agar dapat meningkatkan kualitas konvergensi media. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di kantor Tribun Lampung, Bandar Lampung selama dua bulan. Subyek penelitian adalah pemimpin redaksi, pemimpin perusahaan, manajer produksi, manajer liputan, manajer online, manajer iklan, manajer sirkulasi, manajer event, redaktur dan wartawan totalnya 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses bisnis yang dilakukan sangat efektif guna mendukung kualitas konvergensi media, 2) Ketrampilan sumber daya manusia sangat dipengaruhi faktor usia dimana yang berusia di bawah 40 tahun memahami konvergensi media, sedangkan yang di atas 40 tahun kurang memahami. Solusinya adalah menyelenggarakan sosialisasi, pelatihan, dan dikunci dengan Key Performance Indicator (KPI). 3) Ketersediaan infrastruktur yang berteknologi tinggi sangat mendukung kualitas konvergensi media.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:52
Last Modified: 15 Jun 2022 03:52
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10796

Actions (login required)

View Item View Item