AUDIT SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI DAERAH KABUPATEN BANYUASIN DENGAN MENGGUNAKAN COBIT (CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) AUDIT SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI DAERAH KABUPATEN BANYUASIN DENGAN MENGGUNAKAN COBIT (CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY). AUDIT SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI DAERAH KABUPATEN BANYUASIN DENGAN MENGGUNAKAN COBIT (CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY).

[img] Text
ABSTRAK COBIT BPAD OK.docx

Download (23kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini menjadikan setiap (user) penggunanya dapat mengakses berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Pengembangan strategi organisasi selalu dikaitkan dengan pengembangan strategi teknologi informasi. Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu instansi yang ada di Pemerintah Kabupaten Banyuasin, yang bertempat di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banyuasin Nomor 26 Sekojo, Pangkalan Balai. BPAD Kabupaten Banyuasin merupakan Badan Kelembagaan/Organisasi Pemerintah yang terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011. BPAD telah memanfaatkan manajemen teknologi informasi baik di bagian perencanaan, anggaran, dan laporan, bagian keuangan, bagian kepegawaian. Konsep teknologi informasi adalah cara mengelola penggunaan teknologi informasi di sebuah organisasi dengan menggabungkan good practices dari perencanaan/organisasi, pengadaan/implementasi, kebutuhan/dukungan, dan memonitor kinerja sistem informasi untuk memastikan bahwa informasi dan teknologi yang berhubungan dapat mendukung tujuan dan misi organisasi. Penulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya audit sistem informasi dalam organisasi/pemerintah. Dalam penulisan ini, COBIT (Control Obejctive for Information and Related Technology) dapat digunakan sebagai tools yang digunakan untuk mengefektifkan implementasi sistem informasi dalam organisasi/pemerintah. COBIT terdiri dari 4 domain, yaitu Planning-Oragnization (PO), Acquisition-Implementation (AI), Delivery-Support (DS), dan Monitoring (M). COBIT framework digunakan untuk menyusun dan menerapkan model audit sistem infromasi dengan tujuan untuk memberikan masukan dan rekomendasi bagi pihak manajemen organisasi/pemerintah untuk perbaikan pengelolaan sistem informasi di masa mendatang.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:50
Last Modified: 15 Jun 2022 03:50
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item