Nolan Efranda, Nolan Efranda (2022) MEMAHAMI PERILAKU PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM MENYEBARKAN BERITA HOAX DI FACEBOOK. MEMAHAMI PERILAKU PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM MENYEBARKAN BERITA HOAX DI FACEBOOK.
|
Text
735-Article Text-2112-1-10-20200604.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Munculnya situs jejaring sosial atau media sosial memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi dan berbagi informasi melalui dunia maya. Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia, dengan pengguna aktif sebanyak 130 juta akun. Konten apapun dapat dibagaikan melalui media sosial, sehingga memberikan peluang orang lain untuk melakukan penyebaran berita hoax melalui media sosial. Berdasarkan informasi dari Kemenkominfo pada bulan Agustus 2018 sampai April 2019 total temuan isu hoax sebanyak 1731 isu yang disebarkan melalui media social. Penelitian ini bertujuan untuk mengnalsis faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan penyebaran berita hoax melalui media social khusunya Facebook. ). Studi ini dilakukan menggunakan teori The New Media Literacies yang terdiri dari Simulation, Judgement, Collective Inttelgigence, Motiviasi, Sikap Afektif dan Konigtif. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data kuantitatif dengan mengunakan Analisis Faktor. Analisis terhadap 34 variabel indikator menghasilkan Sembilan faktor terbentuk : (1) Faktor Motivasi ; (2) Faktor Pemahaman Berita Hoax ; (3) Faktor Validasi Berita Hoax; (4) Faktor Evaluasi Berita ; (5) Faktor Sifat Konatif; (6) Faktor Mengenali Berita Hoax; (7) Faktor Sifat Afekktif; (8) Faktor Memahami Berita Hoax ; ( 9) Faktor Sepemikiran;
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10641 |
Actions (login required)
View Item |