Yeni Ernawati, M.Pd., Yeni Ernawati, M.Pd. (2022) MEMBANGUN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA: PROBLEMATIKA PEMBINAAN KARAKTER. MEMBANGUN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA: PROBLEMATIKA PEMBINAAN KARAKTER.
|
Text
Yeni Ernawati_Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sastra-output.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan proses berkesinambungan untuk mengubah dan membangun perilaku individu menjadi manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang baik. Pembinaan karakter pada peserta didik diperlukan karena problematika dalam pembelajaran tentang ketidakjujuran, ketidakdisiplan, dan kekerasan yang dilakukan oleh peserta didik. Upaya membangun karakter individu dapat diimplementasikan dalam materi pembelajaran dan model pembelajaran. Salah satu upaya membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran sastra. Karya sastra memegang peranan penting dalam implementasi pendidikan karakter. Tujuan pembelajaran sastra adalah peserta didik diharapkan dapat mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan proaktif dengan cara mengapresiasi sastra untuk memperhalus budi pekerti peserta didik. Pada Kurikulum 2013, materi pembelajaran sastra yang digunakan sebagai sarana membangun karakter peserta didik adalah teks cerita pendek, teks cerita fabel, teks pantun, dan teks novel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10626 |
Actions (login required)
View Item |