IMPLEMENTASI METODE FUZZY TOPSIS DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) UNTUK KELUARGA KURANG MAMPU

arian toni, arian toni (2022) IMPLEMENTASI METODE FUZZY TOPSIS DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) UNTUK KELUARGA KURANG MAMPU. IMPLEMENTASI METODE FUZZY TOPSIS DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) UNTUK KELUARGA KURANG MAMPU.

[img]
Preview
Text
Jurnal ariantoni.pdf

Download (658kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) adalah kebijakan yang diberikan pemerintah guna mengurangi beban ekonomi terhadap orang miskin yang semakin menekan kehidupan mereka, sebagai akibat naiknya harga BBM yang membawa dampak naik nya harga kebutuhan pokok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus menyalahgunakan penyaluran BLSM , ada BLSM yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu secara ekonomi, namun terkadang masih ada masyarakat kaya yang juga menerimanya khususnya di kelurahan Pulo Kerto Palembang, hal tersebut menyulitkan pihak penyeleksi dalam mengadakan penyeleksian calon penerima dana BLSM ini untuk itu dibuat sistem pendukung keputusan dalam menentukan penerima BLSM di kelurahan Pulo Kerto Palembang dengan menggunakan metode fuzzy Topsis. Tujuan penelitian ini adalah Memberikan usulan untuk prioritas penerima BLSM agar tepat sasaran dan dapat membantu pemerintah kelurahan Pulo Kerto Palembang dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode fuzzy Topsis, maka dapat dihasilkan suatu alternatif pengambilan keputusan dalam menentukan penerima BLSM yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:09
Last Modified: 14 Jun 2022 05:09
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10550

Actions (login required)

View Item View Item