ART THERAPY COLORING TERHADAP STRES PADA ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG

niken khaira, niken khaira (2022) ART THERAPY COLORING TERHADAP STRES PADA ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG. ART THERAPY COLORING TERHADAP STRES PADA ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Jurnal Art Therapy coloring.pdf

Download (586kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh art therapy coloring terhadap stres pada anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 11 anak didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang, yang digabungkan ke dalam satu kelompok, yaitu kelompok eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized one group design pretest posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk mengukur stres anak didik digunakan skala baku PSS-14 (Perceived Stress Scale-14) yang terdiri dari 14 pertanyaan tentang perasaan dan kondisi yang dirasakan. Pretest kelompok eksperimen, partisipan hanya diberikan skala PSS-14 sama dengan ketika dilakukannya posttest. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik paired t-test, dari hasil analisis data diperoleh pengaruh yang sangat signifikan art therapy coloring terhadap stres dengan nilai  = 0,001 ( < 0,05 dan  < 0,01) dan nilai t = 4,913. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa art therapy coloring berpengaruh terhadap stres pada anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:09
Last Modified: 14 Jun 2022 05:09
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item