PENERAPAN METODE ANALISIS VARIAN TERHADAP SISTEM DAN KINERJA OPEN SOURCE CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) (STUDI KASUS: CMS MAMBO OPEN SOURCE, POSTNUKE, DAN PHPNUKE)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN METODE ANALISIS VARIAN TERHADAP SISTEM DAN KINERJA OPEN SOURCE CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) (STUDI KASUS: CMS MAMBO OPEN SOURCE, POSTNUKE, DAN PHPNUKE). PENERAPAN METODE ANALISIS VARIAN TERHADAP SISTEM DAN KINERJA OPEN SOURCE CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) (STUDI KASUS: CMS MAMBO OPEN SOURCE, POSTNUKE, DAN PHPNUKE).

[img] Text
Fullpaper+-+Emigawaty.doc

Download (240kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Saat ini bukanlah sebuah kesulitan untuk mengembangkan website dengan teknologi web dikarenakan kehadiran Content Management System (CMS). CMS ini hadir dengan mempermudah para pengembang web (web developer) dalam hal merancang, terlebih lagi dapat mengizinkan siapa saja untuk dapat mengkustomisasikan struktur website sesuai dengan kebutuhannya. Hadirnya CMS sebagai bagian kemajuan teknologi saat ini, masih belum dipergunakan sebagai perancangan dan manajemen website dikarenakan masih banyaknya pengguna web yang belum mengenal CMS dengan baik. Dengan banyaknya jenis CMS saat ini, maka dirasa perlu untuk melakukan analisis dengan membandingkan beberapa CMS sehingga dapat diketahui CMS mana yang memiliki kecepatan dan langkah-langkah yang lebih, sehingga jenis CMS tersebut dapat dijadikan sebagai sistem pendukung (supporting system) dan rekomendasi untuk membangun, dan mengembangkan sebuah sistem informasi berbasis web. Sebagai alat bantu agar penelitian ini mempunyai tingkat akurasi yang lebih baik dalam melakukan perbandingan atau analisis terhadap kinerja CMS, maka digunakan metode statistik (Analysis of Varian) yang akan mengolah data dari variabel-variabel pada masing-masing CMS. Selanjutnya, penelitian ini juga menggunakan metode qualitatif seperti keterlibatan user dalam penggunaan ketiga varian CMS. Disisi lain, untuk analisisnya digunakan metode deskiptif untuk menjadikan penelitian ini lebih rinci dan menjabaran fakta-fakta terhadap implementasi beberapa indikator analisis seperti proses instalasi, administrasi user, administrasi sistem, dan migrasi basis data (database) untuk masing-masing CMS.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:08
Last Modified: 14 Jun 2022 05:08
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10526

Actions (login required)

View Item View Item