IMPLEMENTASI PERMAINAN CBA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SUMATERA SELATAN

Bangkit Seandi Taroreh, Bangkit Seandi Taroreh (2022) IMPLEMENTASI PERMAINAN CBA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SUMATERA SELATAN. IMPLEMENTASI PERMAINAN CBA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SUMATERA SELATAN.

[img]
Preview
Text
jurnal IMPLEMENTASI PERMAINAN CBA.pdf

Download (660kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan pengaruh pada eksistensi permainan tradisional sebagai warisan budaya lokal masyarakat. Anak lebih senang memainkan game online dari pada aktif bermain sekaligus aktif melestarikan permainan tradisional. Fenomena ini juga terjadi di masyarakat Sumatera Selatan. Perlu adanya usaha untuk melestarikan permainan tradisional salah satunya melalui pengembangan bahan ajar pada kurikulum Pendidikan Jasmani. Permainan tradisional digunakan sebagai pendekatan pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Permainan CBA (Culture Based Athletic) pada pembelajaran atletik sebagai solusi alternatif melestarikan permainan tradisional di Sumatera Selatan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif melalui dokumentasi, observasi dan kuisioner kepada Guru Pendidikan Jasmani. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Permainan CBA efektif digunakan pada pembelajaran atletik kelas 5 Sekolah Dasar karena adanya kesamaan pemetaan gerak dasar antara permainan CBA, permainan tradisional Sumatera Selatan dan ketercapaian kompetensi pembelajaran atletik, 2) Permainan CBA mampu menjadi media untuk pengenalan dan menumbuhkan kesadaran siswa pada permainan tradisional Sumatera Selatan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam melestarikan permainan tradisional di Sumatera Selatan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:03
Last Modified: 14 Jun 2022 05:03
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10403

Actions (login required)

View Item View Item