Amsunardi, Amsunardi (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF.
|
Text
JURNAL DES 2019-converted.pdf Download (561kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 07 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir melalui model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 07 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan, setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I, nilai persentase ketuntasan 58,33%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak tujuh orang siswa. Siklus II dengan persentase ketuntasan 83,33%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak sepuluh orang siswa. Dari kedua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam materi pokok Keragaman Suku Bangsa di Indonesia. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II, bahwa pembelajaran kooperatif yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pokok Keragaman Suku Bangsa di Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 05:02 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 05:02 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10395 |
Actions (login required)
View Item |