UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF.

Amsunardi, Amsunardi (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF.

[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH.pdf

Download (764kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 07 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir melalui model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 07 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan, setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I, nilai persentase ketuntasan 58,33%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak tujuh orang siswa. Siklus II dengan persentase ketuntasan 83,33%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak sepuluh orang siswa. Dari kedua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam materi pokok Keragaman Suku Bangsa di Indonesia. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II, bahwa pembelajaran kooperatif yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pokok Keragaman Suku Bangsa di Indonesia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:02
Last Modified: 14 Jun 2022 05:02
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item