MENGATASI OVERLOAD MENGGUNAKAN LINUX VIRTUAL SERVER SEBAGAI LOAD BALANCING PADA SERVER E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA

Suryayusra, Suryayusra (2022) MENGATASI OVERLOAD MENGGUNAKAN LINUX VIRTUAL SERVER SEBAGAI LOAD BALANCING PADA SERVER E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA. MENGATASI OVERLOAD MENGGUNAKAN LINUX VIRTUAL SERVER SEBAGAI LOAD BALANCING PADA SERVER E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text
[6] 65-74 JURNAL SURYAYUSRA LoadBalancing Mantrix Vol 14.docx

Download (979kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penyediaan layanan informasi pada sebuah sistem sangat bergantung pada infrastruktur yang ada. Pada Universitas Bina Darma server memiliki fungsi-fungsi aplikasi dan memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Salah satu fungsi server tersebut adalah menjalankan aplikasi e-learning sebagai penunjang belajar mengajar atau suplemen yang diberikan terlepas dari pertemuan reguler (di dalam kelas). Dalam operasional sehari-hari, (UPT-SIM Bina Darma) menyatakan bahwa server e-learning harus melayani 4.437 pengguna dengan bermacam kegiatan. Banyaknya kegiatan yang harus diselesaikan dalam satu waktu mengakibatkan koneksi Apache dibanjiri permintaan yang melebihi kemampuan sehingga banyak proses yang tidak terselesaikan. LVS dapat diterapkan untuk menghasilkan sebuah load balancing. Dengan menyediakan satu unit komputer yang bertindak sebagai director dan dua atau lebih komputer yang akan melakukan proses (real server) akan meningkatkan kinerja sehingga availability dapat dibangkitkan dengan metode load balancing.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 00:28
Last Modified: 14 Jun 2022 00:28
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item