PENERAPAN ALGORITMA SKIPJACK DALAM SISTEM APLIKASI PENNYANDIAN FILE GAMBAR DENGAN PYTHON

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN ALGORITMA SKIPJACK DALAM SISTEM APLIKASI PENNYANDIAN FILE GAMBAR DENGAN PYTHON. PENERAPAN ALGORITMA SKIPJACK DALAM SISTEM APLIKASI PENNYANDIAN FILE GAMBAR DENGAN PYTHON.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN ALGORITMA SKIPJACK DALAM SISTEM APLIKASI PENNYANDIAN FILE GAMBAR DENGAN PYTHON _ Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://www.binadarma.ac.id

Abstract

Keamanan data merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan pengiriman data kepada pihak lainnya. Algoritma kriptografi modern dibuat sedemikian kompleks sehingga sangat sulit memecahkan ciphertext tanpa mengetahui kunci. Skipjack merupakan salah satu jenis dari algoritma dengan metode pengamanan data yang dikembangkan oleh National Security Agency (NSA) dan dipublikasikan pada 1998. (Kim J., 2009). Algoritma Skipjack memiliki kunci 80-bit yang dikenal sebagai cryptovariable, untuk mengenkripsi atau mendekripsi blok data 64-bit. Pertukaran informasi saat ini tidak hanya berupa teks/string melainkan juga melibatkan objek grafik misalnya foto, animasi, banner, dsb. Permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan adanya steganografi dan kriptografi. Hal tersebut diperlukan untuk mencegah informasi mudah diakses oleh pihak lain yang dapat melanggar privasi sang pemilik.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 00:25
Last Modified: 14 Jun 2022 00:25
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item